Mini Observasi social life part 1






Siang ini sehabis kelas tambahan disain grafis II gue dari rumah tiba2 niatin pingin hunting foto buat port folio gue..kebetulan lagi getolnya di ajar sama mas agni belajar tentang metode produksi multi media doi salah satu pembimbing di eagle award looh( bangga donk bisa di bimbing dia hehee, sayang belum tau link doi) sekarang ini lagi pelajarin ttg photo story telling, jadi ya sambil latihan sih abis sayang banget sabtu siang bis kuliah langsung pulang jauh2 lagi..maklum depok-cikini di tempuh pake kendaraan darat apapun itu 1jam hehehe.

Tiba di terminal bus senen sekitar jam 2an..beberapa jam mengamati sambil berkeliling terminal gue banyak nemuin hal2 yang menarik juga sebagian dari opini masyarakat terminal dan kegiatan keseharian mereka, yaaaah walaupun gue rada worried karena "siapasih yang ga tau daerah senen" yang 1st impressionnya pasti tentang pencopet, palak memalak dan preman. Hmm tapi gue coba menerapkan ilmu yang gue pelajari selama gue mendalami mayor ini dalam taking picture about social life.
yauds, silahkan di simak ya hasil observasi dan pandangan lain gue dari sebuah terminal bus...semoga menambah pengetahuan dan terhibur..


alangkah polosnya sticker yang terpasang di belakang jendela angkot itu..seakan memang bagi supir(siapapun) kendaraan umum "duit" adalah bagian nomer satu yang di prioritaskan..memang maklum zaman sekarang cari duit emang susah kalo ga ikut berkembang, kecuali sebagian anak manja dari orang berada dan tinggal minta ke bonyok dan terima kiriman saldo, gue pun sempet mikir kalo di lepas tiba2 tanpa alasan di jalanan raya kota besar terus suruh survive dan bisa dapet 1000 perak aja dalam waktu singkat pasti susahnya minta ampun dan butuh waktu berjam-jam cuma buat 1000 perak, kalo ga kuat pasti dari malak orang, minta baik2 ke orang dengan berbagai alasan, nyari2 kali ada duit jatoh di tanah..cuma buat 1000 perak.
masah duit sebegitu peliknya sehingga timbul tagline atau tipografi khas stiker angkot dengan tema duit kaya gitu.



hehe ini sedikit garing tapi lucu, jadi gue sengaja mendekati tempat2 makan yang sepertinya di isi sama supir2 angkutan kota ini tiba2 di panggil "mas..mas..fotoin nih kita..warga rakyat terminal senen hahahaha" ya uds kan biar mereka seneng..gue foto deh tu..eh mereka malah malu2..haha wajar kho, dan gue juga malah di sangka dari wartawan sebuah media masa..karena ada yang bilang " mas..nih tanya dia aja nih( cewe dengan handuk putih) pengen banget msuk tipi" dalem hati gue,,,hehe ada2 aja nih orang.. y udah gue basa basi beli es teh sambil obrol hangat sebentar. gue lanjut keliling lagi deh..





lanjut di sini tak di sangka di lingkungan terminal bus yang penuh polusi, bising ternyata ada sebagian kios2 kecil yang di atasnya ternyata di jadikan tempat tinggal juga, terlihat jelas dari jemuran2 pakaian yang di bagian atap itu, ga kebayang deh..capek2 nyuci eh kotor lagi karena asap2 kendaraan, yaaah gimana dah jadi wajah jakarta banget sih. Dan gue langsung tanya2 sedikit ke orang dekat situ.
gue: pak itu yang di atas rumah pak?
abang: iya mas, emang ni rumah sekalian..kenapa emang?
gue: di tempat kaya gini pak? sejak kapan?
abang: haha emang tadinya ruko doank ini...terus pada sebagian ninggiin buat rumah deh..
sejak kapan ya..dah lama kho..taon 95 ke atas kayanya
gue: ooh gitu..makasih ya pak..(ga mau nanya lebih lanjut entar doi curiga lagi) heehe

Selanjutnya! tadi setelah ngobrol2 di warung kopi, sekitar pas gue pingin pindah lokasi eh ada event yang kebetulan banget..jadi ada border batu jalanan buat sekat ngalangin jalur miniarta yang mau dateng, dan gue denger sekilas oleh bapak2 yang pake kutang ke temen2nya " noh kan gue bilang juga ape..si ipul dah mau dateng tu batu pindahin dulu.."
lalu sahut temannya " ya udah pindahin dah, lupa tadi gue..gue sangkain sorean ipul dateng"



bicara bapak baju merah sama bpak yang pake topi abu2 "eh ayo tarik nih..di poto noh"




tarik terus paaaak



siiip dikit lagi




this is final of this part..

hehe ini juga menarik nih..jadi di bagian belakang paling ujung terminal ( arah kendaraan masuk) ternyata tu ada ojek dan tulisan di papannya perhatiin deh ada unsur yang berbau the jak mania..75% mengandung unsur tersebut itu warnanya orange tua loh cuma lebih dominan ke merah hahaha..hmm tapi setelah di pikir2 napain di terminal ko ada ojek?? di tempat kaya gini..toh ga jauh2 amat sih dari ujung ke ujung..
naaah lagi2 gue observ nih ke sebagian ojekers, jadi katanya nih..selain lumayan jalan dari ujung ke ujung..panas banyak asep de?
dan yaa kalo di butuhin bisa sekalian ngehindarin garong2 sini (gue langsung kaget ternyata masih ga aman)..kita sih nolong aja gitu de..tapi ya buat rokok rokok sama kopo juga..(di akhiri dengan terbahak bahak)

udah segini dulu deh laporan gue..masih banyak cerita yang mau gue angkat dari hasil laporan gue ini..mau lanjutin tugas..hehehe

0 komentar:

Poskan Komentar

 
A. Hadianto Enterprise © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour